Search This Blog

Monday, October 24, 2016

PERJALANAN HIDUP MANUSIA

Perjalanan Hidup Manusia


Firman Allah SWT 

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
DIA lah Allah SWT Yg telah menciptakan Kematian dan kehidupan utk menguji kalian, Siapakah dari kalian yg terbaik amal perbuatannya, DIA lah Allah SWT Yg Maha Perkasa lagi Maha Pengampun (Q.S.Al-Mulk ayat 2)
*
Pada saat mati yg pertama, jasad blm ada namun Ruh sdh ada dan hidup di Alam Ruh. 
*
Pada saat hidup yg pertama Ruh dimasukan kedalam jasad , sehingga jasad tersebut bisa hidup (Alam kandungan). 
*
Pada saat di alam Dunia, Ruh dan Jasad mendapatkan Tugas dari Sang Kholiq utk melakukan Ibadah, dari Pelaksanaan tugas akan ketahuan lah siapa diantara Manusia yg paling baik Amalnya (أيكم أحسن عملا)
*
Firman Allah SWT:

Dan tidaklah AKU ciptakan Jin dan Manusia kecuali hanya utk beribadah kpd-KU
*
Pada saat mati yg kedua, Ruh dikeluarkan dari jasad , sehingga jasad tersebut mati, namun Ruh tetap hidup dan disimpan di Alam Barzakh.
*
Jasad yg telah ditinggalkan oleh Ruh akan mati dan musnah ditelan bumi dan akan hancur dimakan ulat2 Belatung, kecuali jasad orang2 yg di pilih oleh Allah SWT
*
Pada saat hidup yg kedua, Allah SWT menciptakan jasad yg baru dihari berbangkit (يوم البعث), jasad yg baru itu akan hidup setelah Allah SWT memasukan Ruh yg selama ini disimpan di Alam Barzakh kedalam tubuh tersebut.
*
Kehidupan yg kedua ini adalah kehidupan yg abadi, tak ada lagi kematian atau perpisahan antara Ruh dg jasad sesudah itu.
*
Kalau kita amati proses hidup dan mati diatas ternyata yg mengalami kematian dan musnah hanyalah jasad, sedangkan Ruh tak pernah mengalami kematian dan musnah. 
PERJALANAN HIDUP MANUSIA

*
Ruh tetap hidup selamanya, ia hanya berpindah pindah tempat, mulai dari Alam Ruh, Alam Dunia, Alam Barzakh dan terakhir di Alam Akhirat.
*
Pada saat datang kematian pada seseorang yg sedang menjalani kehidupan di Dunia ini, maka yg mengalami kematian hanyalah jasadnya saja, sedangkan Ruhnya tetap hidup di Alam Barzakh.
*
Allah mengingatkan hal tersebut kpd kita

وَلَا تَقُولُوا لِمَنْ يُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتٌ ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ وَلَٰكِنْ لَا تَشْعُرُونَ
Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang2 yg gugur di jalan Allah, (bhw mereka itu mati) padahal sebenarnya mereka itu hidup, tapi kamu tak menyadarinya. (Q.S.Al-Baqarah 154)
*
Perjalanan panjang tanpa akhir
Kalau kita amati proses perjalan hidup dan mati seperti yg disebutkan diatas, maka yg mengalami kematian hanyalah jasad kita saja, sedangkan Ruh tak pernah mengalami kematian.
*
Sejak diciptakan pertama kali dan diambil kesaksiannya tentang ke Esaan Allah ketika dikumpulkan dialam Ruh sebagaimana disebutkan dlm surat Al A’raaf 172,

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ
"
Mlailah Ruh menempuh perjalanan panjang yg tak akan pernah berkahir.
*
Sifat Ruh sama seperti energy dlm ilmu fisika kita mengenal teori kekekalan Energy. 
*
Teori kekalan Energy mengatakan bhw Energy bersifat kekal, tak bisa dimusnahkan, dihancurkan ataupun dilenyapkan.
*
Ia hanya mengalami perubahan bentuk.
*
Ruh memiliki sifat seperti Energy ini, ia tak bisa dimusnahkan, dilenyapkan ataupun dihancurkan, ia kekal selamanya, ia hanya berubah bentuk mulai dialam Ruh, Alam Dunia, Alam Barzakh dan Alam Akhirat kelak.
*
Kita bisa merasakan selama hidup di Dunia ini bhw Ruh kita tak pernah tidur atau beristirat.
*
Kalau kita tidur pada malam hari, yg tidur adalah jasad atau jasmani kita sedang Ruh kita sendiri, pergi berjalan entah kemana. 
*
Ruh tak bisa hancur, musnah dan lenyap namun ia bisa merasa lemah, sakit dan menderita.
*
Ruh yg kurang mendapat perawatan dan asupan vitamin Nutrisi yg cukup, akan menjadi lemah menderita dan sakit. 
*
Penyakit Ruh umumnya akan merembes pada penyakit fisik atau jasmani
"
Penyakit Ruh yg umum kita kenal antara lain, gelisah, kecewa, dengki, cemas, takut, sedih, tertekan dan stress berkepanjangan.
*
Ruh mengalami proses pendewasaan selama hidup di Dunia.
*
Semua bekal yg dibawa utk perjalanan hidup di Alam barzakh dan Akhirat didapat dari Alam Dunia.
*
Namun sayang selama hidup di Dunia banyak orang yg tak memperdulikan kebutuhan Ruhnya utk menghadapi perjalan panjang yg tak akan pernah berakhir ini. 
*
Kebanyakan Manusia hanya fokus pada masalah kehidupan Dunia, dan tak perduli dg masalah kehidupan Akhirat yg lebih dahsyat dibandingkan dg kehidupan dunia.
*
Coba kita ingat2, ketika fisik kita sakit, lemah, wajah keriput, kulit kusam, wajah penuh jerawat, kita langsung peduli dan segera mencari dokter spesialis yg dapat mengobati semua penyakit fisik kita walaw pun harus mengeluarkan biaya yg tak sedikit, bahkan terkadang sampai berobat ke luar negeri
*
Tapi kalau Ruhani kita yg sakit, Dendam, Iri hati, Dengki, Ujub, Riya', Sum'ah, Sombong, maka kita tak segera mengobatinya bahkan kita biarkan penyakit2 itu terus tumbuh menggerogoti Ruhani kita.
*
Padahal kita tahu bhw Fisik kita bisa hancur termakan tanah dan ulat belatung yg ada di Kuburan.

اللهم أجرنا من عذاب القبر وفتنته
*
Obat mujarab utk Ruh dan Vitamin Nutrisi yg paling bagus adalah dg cara mendekati Ulama Sholeh, hadir di Majelis Ilmu, Majlis Dzikir, membaca Al-Qur'an, Istighfar, Shalawat dan Kalimah2 Thayyibah.
*
Maka dg demikian, amalan yg kita lakukan akan mendapat Nilai khusus dari Allah SWT dan Kita akan di golongkan DIA sebagai Manusia pilihan

رب فاجعلنا من الأخيار
Ya Robb,,,,
Jadikanlah kami, termasuk dari golongan hamba-MU yg terbaik
*
Smg bermanfaat
Salam Cinta......

No comments:

Post a Comment

Melagkah pasti