Search This Blog

Wednesday, July 26, 2017

Orang tua adalah Guru utama

Orang tua adalah Guru Pertama dan Utama Peranan orangtua dalam kehidupan keluarga, khususnya dalam kaitan dengan anak-anak tidak hanya sebatas melahirkan, memberikan makan dan menyediakan tempat tinggal/rumah bagi mereka, tetapi juga menyediakan pendidikan yang baik/memadai baik pendidikan yang sifatnya formal/sekolah maupun pendidikan non formal: penanaman nilai-nilai luhur, kebiasaan-kebiasaan baik, warisan dari budaya masa lalu, penanaman nilai-nilai keagamaan serta nilai-nilai lainnya yang membantu anak-anak untuk bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang utuh dan berkualitas (bertumbuh secara manusiawi dan rohani).

Dalam kaitan dengan hal inilah orangtua sungguh mempunyai peranan sangat penting yang tidak dapat diwakilkan kepada pihak manapun sebab orangtua adalah pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya.

Kehadiran dan peranan Guru di sekolah atau pihak mana pun harus dilihat sebagai bantuan bagi orangtua dalam menjalankan perannya sebagai pendidik utama dan pertama.

Karena itu peranan mereka tidak boleh dimutlakkan seolah-olah menggantikan peran orangtua. Hal ini harus dihindari sebab tanggungjawab pertama dan utama dalam hal pendidikan tetap berada dalam diri orangtua.

Penanaman dan pendidikan nilai-nilai luhur itu harus dimulai dari keluarga masing-masing. Pertama-tama dalam keluarga anak-anak harus belajar mempraktekkan nilai-nilai itu dalam keseharian hidup mereka.

Melalui contoh dan teladan kongkret dari orangtua anak-anak akan semakin diyakinkan akan kebenaran dan pentingnya nilai-nilai itu dalam kehidupan bersama, sehingga mendorong mereka untuk memperjuangkan nilai – nilai yang baik tersebut.

Sebagai contoh: orangtua mengajarkan kepada anak- anak untuk bersikap jujur atau tidak berbohong kepada orang lain.

Penanaman nilai kejujuran ini akan dengan mudah diterima dan dihayati oleh anak kalau orangtua menunjukkan sikap dan keteladanan kejujuran dalam kehidupan mereka. Bila sikap itu ditunjukkan oleh orangtua maka tidak akan sulit untuk menunutut atau mengharapkan anak bersikap jujur.

Contoh dan teladan dari orangtua menjadi unsur yang sangat penting dalam penanaman atau pengajaran nilai-nilai/ keutamaan-keutamaan kepada anak-anak mereka. Jadi, sikap dan kebiasaan dari orangtua akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan perilaku seorang anak.

Oleh karena itu, orangtua sebagai guru pertama dan utama hendaknya memberikan contoh yang baik dalam hal sikap, kebiasaan tutur kata / kesopanaan, bagi anak – anak mereka sejak kecil agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berkualitas bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Baca juga : Di Web utama ya
Bahasan disana baru sampe dalam bab ini

No comments:

Post a Comment

Melagkah pasti