Friday, August 12, 2016

Untuk apa hidup.. ???

Untuk apa hidup,,,?

Alkisah, ada seorang pemuda yg hidup sebatang kara.
*
Pendidikan rendah, hidup dari bekerja sebagai buruh tani milik tuan tanah yg kaya raya.
*
Walapun hidupnya sederhana tapi sesungguhnya dia bisa melewati kesehariannya dg baik.
*
Pada suatu ketika, si pemuda merasa jenuh dg kehidupannya.
*
Dia tak mengerti, utk apa sebenarnya hidup di Dunia ini.
*
Setiap hari bekerja di ladang orang demi sesuap nasi, hanya sekedar melewati hari utk menunggu kapan akan mati.
*
Pemuda itu merasa hampa, putus asa, dan tidak memiliki arti.
*
“Daripada tak tahu hidup utk apa dan hanya menunggu mati, lebih baik aku mengakhiri saja kehidupan ini,” katanya dlm hati.
*
Disiapkannya seutas tali dan dia berniat menggantung diri di sebatang pohon.
*
Pohon yg dituju, saat melihat gelagat seperti itu, tiba2 menyela lembut. “Anak muda yg tampan dan baik hati, tolong jangan menggantung diri di dahanku yg telah berumur ini, sayang, bila dia patah. Padahal setiap pagi ada banyak burung yg hinggap di situ, bernyanyi riang utk menghibur siapapun yg berada di sekitar sini.”
*
Dengan bersungut-sungut, si pemuda pergi melanjutkan memilih pohon yg lain, tak jauh dari situ.
*
Saat ia bersiap-siap, kembali terdengar suara lirih si pohon, “Hai anak muda. Kamu lihat di atas sini, ada sarang tawon yg sedang dikerjakan oleh begitu banyak lebah dg tekun dan rajin. Jika kamu mau bunuh diri, silakan pindah ke tempat lain. Kasihanilah lebah dan manusia yg telah bekerja keras tapi tidak dapat menikmati hasilnya.”
*
Sekali lagi, tanpa menjawab sepatah kata pun, si pemuda berjalan mencari pohon yg lain.
*
Kata yg didengarpun tak jauh berbeda, “Anak muda, karena rindangnya daunku, banyak dimanfaatkan oleh manusia dan hewan utk sekedar beristirahat atau berteduh di bawah dedaunanku. Tolong jangan mati di sini.”
*
Setelah pohon yg ketiga kalinya, si pemuda termenung dan berpikir, “Bahkan sebatang pohonpun begitu menghargai kehidupan ini.
*
Mereka menyayangi dirinya sendiri agar tidak patah, tidak terusik, dan tetap rindang utk bisa melindungi alam dan bermanfaat bagi makhluk lain”.
*
Segera timbul kesadaran baru. “Aku manusia; masih muda, kuat, sehat dan berakal rasanya tak pantas rasanya aku melenyapkan kehidupanku sendiri karena putus asa
*
Mulai sekarang, aku harus punya cita2, akan merubah sifat cengengku yg mudah putus asa dan berupaya sekuat tenaga utk bisa pula bermanfaat bagi makhluk lain”.
*
Si pemuda pun pulang ke rumahnya dg penuh semangat dan perasaan lega.
*
Kalau kita mengisi kehidupan ini dg hanya menggerutu, mengeluh, dan pesimis, tentu kita akan menjalani hidup ini dg terasa terbebani dan saat tak mampu lagi menahan akan memungkinkan kita mengambil jalan pintas yaitu bunuh diri.

نعوذ بالله من ذلك
Sebaliknya, kalau kita mampu menyadari sebenarnya kehidupan ini begitu indah dan menggairahkan, tentu kita akan menghargai kehidupan ini dan bersyukur kpd Robbul Alamin
*
Kita akan mengisi kehidupan kita, setiap hari penuh dg optimisme, penuh harapan dan cita2 yg diperjuangkan, serta mampu bergaul dg manusia2 lainnya.
*
Firman Allah SWT
الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
DIA lah Allah Yg telah menciptakan Kematian dan kehidupan utk menguji kalian, siapakah dari kalian yg terbaik Amalnya (Q.S.Al-Mulk 2)
*
Selamat berjuang
Smg tercapai tujuan
Salam Cinta......

No comments:

Post a Comment

Melagkah pasti