Saturday, July 23, 2016

Memahami hidup

Memahami Hidup,,,,

Hidup ini merupakan satu siklus kehidupan yg berkaitan erat dg siklus kehidupan yg lain.
*
Apa yg kita lakukan dlm siklus kehidupan Dunia, akan menentukan siklus kehidupan selanjutnya yaitu Akhirat.
*
Kata orang bijak, kehidupan di Dunia ini tak ubahnya seperti Stasiun sementara utk menuju ke tempat pemberhentian terakhir yaitu Stasiun Akhirat.
*
Karenanya, dlm Stasiun sementara ini, setiap orang harus memiliki bekal yg cukup utk mencapai Stasiun terakhir.
*
Dengan bahasa yg sangat indah, AL-Qur’an memberikan peumpamaan mengenai hakikat hidup di dunia ini :

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan Dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau, Perhiasan, bermegah-megah antara kamu, dan saling membanggakan tentang harta dan anak2, seperti hujan yg tanam-tanamannya mengagumkan Petani, kemudian ia menjadi kering, maka kamu melihatnya kuning, kemudian menjadi hancur. Dan di Akhirat ada azab yg keras dan ampunan dari Allah dan keridhaan-Nya. Dan kehidupan Dunia ini tak lain hanyalah kesenangan Semu yg menipu." (QS. Al-Hadid :20).
*
Hidup di dunia ini hanya sebentar saja. Alangkah meruginya jika kita tak mampu menjadikan hidup yg hanya sebentar ini menjadi lebih berarti
*
Dan alangkah bodohnya kita, jika hidup yg singkat ini disia-siakan seperti debu yg terurai oleh hempasan angin?
*
Apa yg akan kita tinggalkan setelah maut menjemput, nama baik kah, atau justru nama buruk?
*
Dan hidup ini akan menjadi berarti jika kita mampu memberikan manfaat baik terhadap diri sendiri terlebih lagi terhadap orang lain.
"
Rasulullah SAW bersabda:

خير الناس أنفعهم للناس

“Sebaik-baik manusia adalah mereka yg mampu memberikan manfaat kpd orang lain.”
*
Sahabatku sayang,,,,
Dalam kehidupan ini ada hukum sebab akibat yg mungkin sdh tak asing lagi kita dengar yakni
*
Jika kita berbuat baik selama masih hidup, maka orang lain pun akan terus mengenang kebaikan kita meskipun kita telah meninggal, begitu pula sebaliknya, jika dlm hidup ini kita selalu melakukan keburukan, maka setelah meninggal pun kita akan dikenang sebagai orang yg jahat, dan akan menyebut-nyebut keburukan kita.
*
Semua pilihan ada di tangan kita masing2.
*
Apakah kita akan mengukir nama kita di atas nisan kebaikan, atau menguburnya justru dlm pusaran keburukan.
*
Tapi satu hal yg pasti, orang yg berakal sehat yg memiliki Nurani, pasti akan memilih mengabadikan namanya dlm nisan2 kebaikan.
*
Hal itu akan terwujud jika kita mampu menjadikan hidup kita lebih berarti utk diri sendiri, utk orang lain, terlebih lagi utk Bangsa, Negara dan Agama.
*
Sudahkah kita siapkan Generasi penerus perjuangan kita sebelum meninggalkan Dunia yg fana ini?
*
Atau kita sudahi perjuangan kita tanpa ada penerusnya, karena keegoisan kita yg hanya memikirkan kondisi saat ini tanpa memikirkan kondisi Islam dimasa depan?
*
Hanya kita lah yg tau jawabannya.
*
Smg bermanfaat.
Salam Cinta........

No comments:

Post a Comment

Melagkah pasti