Monday, July 25, 2016

Waktu

Jangan Abaikan Waktu,

Jasad manusia ada yg hilang ditelan gelombang laut, hangus terbakar tanpa bekas, tertimbun tanah longsor, tertimpa pesawat helikopter, meledak di pesawat ulang alik, atau mati hancur berantakan karena bom bunuh diri di mobil atau tergilas truck, tapi roh tetap kembali kpd-Nya.
*
Apa pun jenis penyebab kematian, roh tetap kembali kpd-Nya.
*
Karenanya, sebelum kematian itu datang,  berbuatlah sesuatu, tinggalkanlah bekas yg bermanfaat  buat  generasi  mendatang.
*
Generasi berikut adalah tanggung jawab kita, kemana mereka akan kita arahkan dan generasi seperti apa mereka yg kita harapkan?
*
Sementara kita tak pernah peduli dg kondisi mereka.
Kita beraktivitas nafsi2 cuma punya sejuta program dan cita2 yg tak pernah kita buktikan.
*
100 tahun, 1000 tahun, sejuta tahun atau bahkan dlm hitungan tahun yg begitu panjang, selama bumi masih terus berputar, selama itu pula kehidupan masih berlangsung
*
Namun bila telah hancur berantakan segala isi alam semesta ini, itu berarti kiamat telah tiba, Itu kimat Kubro
*
Tapi jangan lupa ada kiamat yg bisa langsung mengenai setiap manusia dan datangnya tak diduga, apa itu? Kematian, ya… kematian adalah salah satu jenis kiamat, tapi ini kiamat kecil (sugro).
*
Tak ada yg bisa mengetahui rahasia Allah ini, walau ilmu kedokteran sdh begitu canggih.
*
Betapapun hebatnya teknologi kedokteran yg dimiliki manusia, pada saat maut itu datang, tak ada seorangpun yg dapat mencegahnya, walaupun seluruh manusia bersatu utk melawannya atau bersatu utk menghindarinya, takkan bisa
*
Allah telah bersumpah dg waktu:

وَالْعَصْرِ * إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ * إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Demi masa, bhw manusia akan merugi, kecuali bagi orang yg beriman dan beramal sholeh, saling nasehat-menasehati dlm kesabaran dan kebenaran ( Al-'Ashr: 1-3).
*
Manusia di planet bumi diberikan waktu yg sama, 24 jam sehari semalam.
*
Namun dlm waktu yg 24 jam tersebut ada yg mencapai puncak kejayaan seluas-luasnya, namun dlm waktu yg bersamaan, betapa banyak manusia yg nyaris tak mendapatkan apa2, tak bisa apa2 dan tak mampu berbuat apapun, padahal waktu yg diberikan Allah SWT, sama, 24 jam
*
Waktu yg 24 jam, ada yg merasa terlalu sedikit, namun ada pula yg tak mampu menghabiskan waktu tersebut dg kegiatan yg produktif, waktunya hilang percuma, tak memberikan  manfaat apapun padanya.
*
Lebih celaka lagi, waktu yg banyak itu hanya diisi dg bergunjing kesana kemari, menghasut dan mencela seseorang dg orang lain, sambil tetap tersenyum, seakan tanpa dosa.
*
Kebiasaan mereka cuma mengCopy pendapat orang lain dan membagikannya kpd teman2 sejawat tanpa menganalisa benar atau tidaknya artikel itu.
*
Seperti itupun mereka sdh bangga dan merasa sdh hebat bisa mengCopy paste
*
Padahal waktu yg diberikan Allah 24 jam itu, bisa digunakan dg berbagai macam kegiatan yg produktif, tahan lama dan mungkin juga mengabadi.
*
Seperti tulisan para tokoh yg mewariskan pada dunia dg ilmu yg ditulisnya atau diababadikannya berupa karya atau keterampilan yg bermanfaat bagi manusia lainnya, baik pada masanya atau masa sesudahnya.
*
Kita mestinya malu dg tokoh dunia sekian abad yg lalu, seperti  Ibnu 'Arabi, Imam Al Gazali, Ibnu Sina, Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dan lain sebagainya yg dg  ketekunannya  dan  kesabarannya, mereka  mampu menulis  ribuan  halaman  buku dg  puluhan  jilid  buku  atau  dg  puluhan  judul  buku yg ditulis dg tangan.
*
Jangan lupa, saat itu belum ada percetakan,  belum ada  mesih tik,  computer,  laptop dan lain sebagainya.
*
Dan buku2 mereka mengabadi dan memberikan inspirasi bagi generasi sesudahnya, mereka telah tiada, tapi hasil pemikiran mereka yg ditulis, di catat, maka ilmu mereka tak hilang dan terus menerus bermanfaat  bagi  generasi  selanjutnya,  yg bisa saja  mencapai ratusan  tahun  sesudahnya.
*
Jasad mereka sdh tiada, tapi dg kata2 yg ditulisnya, nama mereka mengabadi sampai saat ini bahkan seterusnya.
*
Bagi orang yg kreatif, waktu benar2 dimanfaatkan sebaik-baiknya, misalnya dg membaca, mengarang, membuat ketrampilan, mengaji, mengkaji, menyusun buku dan berbuat sesuatu apapun demi  kemaslahatan semua umat manusia.
*
Itulah yg Nabi SAW katakan "Manusia yg paling baik"
*
Nabi pernah bersabda

خير الناس أنفسهم للناس
Manusia yg paling baik adalah manusia yg paling berguna atau yg paling bermanfaat bagi sesamanya
*
Manusia seperti itu bisa berbuat baik dg tenaganya, pikirannya, hartanya, bahkan jiwa dan raganya diberikan utk kepentingan manusia, kepentingan orang banyak dan tentunya berniat karena Allah semata.
*
Manusia seperti  ini sangat cerdas dlm memanfaatkan waktu, dia tak mau kehilangan waktu semenitpun utk perbuatan yg sia2
*
Dalam diamnya pun, manusia seperti ini memanfaatkan waktunya dg berdzikir dan merenungkan ciptaan-Nya
*
Jadi dlm kedaan diampun dia masih produktif, yaitu berdzikir, karena berdzikir bisa dilakukan sambil berdiri, duduk dan berbaring.
*
Bahkan ketika berjalan pun orang bisa berdzikir, karena berdzikir itu adalah mengingat-Nya, dan berdzikir paling utama adalah saat ada “nyanyian Syetan" utk berbuat dosa, lantas ingat Allah SWT, sehingga tak jadi melakukan dosa tersebut.
*
Waktu terus bergulir, berputar tak ada hentinya dan dg perputaran waktu, usia manusia terus bertambah karena dilihat dari titik nol, saat dilahirkan,  sekaligus berkurang dari jatah yg sudah ditentukan oleh-Nya.
*
Umur kita kelihatannya bertambah, namun hakekatnya berkurang, sedang menuju ke kematian atau menuju ke kuburan yaitu akhir perjalanan umat manusia di Dunia ini.
*
Suka atau tak suka, siap atau tidak siap, kematian itu tetap akan datang dg sendirinya, tanpa diundang
*
Masihkah kau akan berkata ”Tak punya waktu ”?
*
Waktu itu netral, kitalah yg mengatur sang waktu itu utk berbuat sesuatu.
*
Kerjakanlah sesuatu yg dapat kita tinggalkan bagi generasi selanjutnya,
*
Isilah waktu kita dg hal2 yg bermanfaat dan katakanlah ”wahai sang waktu …. akan ku isi waktumu dg apapun yg bermanfaat”
Jangan katakan ”ku tak punya waktu ”Omong kosong, Mengapa?
*
Kalau berkata: “tak punya waktu” itu sama saja sdh mati.
*
Karena hanya orang yg sdh matilah yg tak punya  waktu lagi utk berbuat dan berkarya apapun
Baginya "Waktu" sdh tamat dan selesai.
*
Smg bermanfaat
Salam Cinta......

No comments:

Post a Comment

Melagkah pasti